Journal article
Perbandingan kapasitas Jalan antara Model Pendekatan Lalu Lintas dengan MKJI pada Jalan perkotaan berlajur banyak (Studi Kasus-Jalan Raya Puputan Renon, Puputan, Denpasar
I NYOMAN WIDANA NEGARA
Volume : 18 Nomor : 1 Published : 2014, January
JURNAL TEKNIK SIPIL UNUD
Abstrak
Terdapat tiga karakteristik lalu lintas yaitu volume, kecepatan dan kerapan, hubungan ketiganya saling mempengaruhi satu sama lainnya. data volume,kecepatan dan geometrik dilakukan survai langsung dilapangan secara manual, analisis menggunakan 3 model lalu lintas yaitu Greenshield, Greenberg dan Underwood, sebagai kontrol digunakan MKJI. Hasil analisis menujukkan bahwa estimasi kapasitas model greenshield lebih signifikan yaitu lajur-1 sebesar C1= 1340 smp/jam, kapasitias lajur-2 (C2) = 1667 smp/jam dan kapasitas lajur-3 (C3) = 547 smp/jam. hasil perhitungan kontrol MKJI kapasitas lajur-1=lajur2 (Cl1=Cl2) = 1341 smp/jam dan kapasitas lajur-3 (CL3) = 1185 smp/jam. Gambaran diatas me mperlihatkan pada lajur 1 dan 2 tidak ada perbedaan nyata antara model dgn MKJI, tetapi pada lajur 3 ada perbedaan nyata antara model dan teoritas.